Masa Depan Jaringan Wireless

Posted: February 23, 2007 in Tutor

Kemampuan teknologi W-LAN saat ini hanya menjangkau sekitar 300 meter dengan transfer rate sebesar 54 Mbps. Namun, dengan hadirnya teknologi “WiMAX”, komunikasi data nirkabel bisa dilakukan sejauh 50 km dengan transfer rate sebesar 70 Mbps.

Apakah Anda pernah mendengar nama kota Selm di Nordrhein-Westfallen, Jerman? Kota berpopulasi hampir 30.000 penduduk ini bakal menjadi pusat bagi pengembanganjaringan wireless. Teknologi broadband WiMAX akan diuji dikota ini sebagai sebuah proyek percontohan. WiMAX yangmerupakan singkatan dari “WorldwideInteroperability for Microwave Access” inimemiliki kelebihan dibandingkan denganteknologi DSL. Teknologi WiMAX dapatdigunakan untuk komunikasi data jarak jauhdan 25 kali lebih cepat. Biaya penerapannya punlebih murah. Dengan WiMAX, mengaksesInternet dari jarak jauh dengan kecepatan tinggi dapat menjadi kenyataan.

WiMAX Segera untuk End User

WiMAX (disebut juga sebagai standar IEEE-802.16) pertama kalidiperkenalkan pada Desember 2001 dan semula dirancang untukMetropolitan Area Networks. Pada teknologi radio link yangmenggunakan frekuensi tinggi (10-66 GHz), data dikirim melaluikoneksi saling berhadapan yang disebut Line of Sight-Technology(LOS), yaitu antara pengirim dan penerima tidak boleh adahambatan.Awal tahun 2003, muncul keinginan untuk menggunakanWiMAX pada perangkat portabel end user. Ide ini kemudianmenjadi dasar pembentukan “WiMAX Forum” yang dimotorivendor chipset Intel.

Di dalamnya, ikut serta sekitar 200 perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, termasukSiemens Mobile, Fujitsu, AT&T, British Telecom dan Nokia.Di tahun yang sama, forum ini menetapkan standar 802.16ayang merupakan pengembangan lanjutan dari standarsebelumnya. Frekuensi kerjanya sedikit lebih panjang, yaituantara 2 sampai 11 GHz. Pada standar “a”, komunikasi data dapatmenjangkau 50 km dengan bandwidth sampai 75 Mbps. Di sini,teknologi yang dipakai telah menggunakan NLOS-Connection(Non Line of Sight).

Dengan standar 802.16a, data dari base station dapat diterimawalaupun melalui area penghalang, seperti dinding ataupungedung tinggi. Namun, antena penerima harus dipasang di luar.Pengembangan berlanjut dengan standar IEEE 802.16-2004yang ditetapkan pada Juli 2004. Teknologi ini merupakankombinasi antara standar 802.16REVd dan 802.16a sehinggakomunikasi data dapat dilakukan di dalam gedung.Saat ini, teknologi WiMAX yang terbaru(Standar 802.16e) dirancang untuk aplikasimobile end-user, seperti PDA, ponsel ataupunnotebook.

Paling tidak, transfer rate sebesar 15Mbps bisa dinikmati sampai sejauh 5 km.Bertepatan dengan pelaksanaan event IntelDeveloper Forum pada September 2004 lalu, Inteluntuk pertama kalinya memperkenalkan langkah-langkah nyatauntuk produk WiMAX untuk tahun ini. Intel memperkenalkanchipset untuk teknologi WiMAX dengan nama “Rosedale” yang mampu mengirim data dari jarak 50 km ke kantor atau rumahmelalui koneksi wireless broadband. Rosedale langsungdiintegrasikan di base station sebagai sebuah “System-on-a-Chip”atau disebut juga sebagai Customer Premise Equipment (CPEs).Chip ini mendukung standar WiMAX-802.16-2004 yang terbaru.Selain itu, di dalamnya sudah tersedia sebuah Ethernet-Interface,Security-Protocol “Inline Security Processing” (ISP) dan TDMController-Interface (Time-Division-Multiplexing)-Function)yang berfungsi untuk mengirimkan data dan suara (VoIP)melalui Internet.Menurut Scott Richardson, General Manager dari IntelBroadband Wireless Group.

WiMAX menguntungkan end-user.Dengan teknologi System-on-a-Chip, akses mobile Internetmenjadi lebih cepat dan ekonomis.Pada tahap pengembangan selanjutnya, perangkat consumerdevice pun bakal dilengkapi dengan kemampuan WiMAX.Rencananya, perangkat pertama akan dirilis pada tahun 2006nanti.Menurut desas-desus yang beredar, nantinya akan dipasangpada notebook ber-chipset “Calexico 3”. Standar ini merupakankombinasi dari 802.11n dan 802.16e yang menawarkan koneksi broadband tanpa kabel. Ke depannya, kita bisa memilih jaringan yang ingin digunakan sesuai kebutuhan, apakah W-LAN atauWiMAX. Rencana peluncuran chipset ini diperkirakan pada kuartal keempat tahun 2006.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s