Dual Core – Core Duo – Core 2 Duo

Posted: April 2, 2008 in at work.., Technology, Tutor

wew malem2 iseng, jd gw tulis2 aja deh di blog gw, utk temen2 yg biasa kerja make komputer pasti udah ga asing lagi dengan istilah – istilah diatas, tp apa temen2 tau definis dan perbedaan dr teknologi diatas ? :D, hayooooo pst pada belum tau kan, sama gw jg ga tau :D, kebetulan ketemu artikelnya ya udah gw kopas aja ke blog gw, secara gw jg pelupa jd gw tulis disini jg, utk memudah gw baca2 😀 :D, oke straight to the point ya.. here they are..

Dual Core :

A CPU using two cores allowing it to deal with two threads at once. This allows for allot more processing to be done over a period of time. However, you will only see a benefit using programs designed to run multiple threads. Exact technical methods of running dual cores differs from chip to chip. (http://www.doomedpc.com)

Designed from the ground up for revolutionary energy-efficient performance, dual-core processors enable exceptional productivity enhancing features and rich multimedia experiences. As the catalyst for new processor architecture design, Intel dual-core processors have become the standard for our desktop, mobile, and server platforms. (http://www.intel.com)

CPU terdiri dari 2 inti prosesor, sehingga dapat memproses 2 langkah kerja (threads) secara paralel.
Pencapaian teknologi mutakhir pada CPU AMD dan Intel. Dua core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini sebenarnya tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.
(http://novaku.wordpress.com)

Core Duo :

Notebook and desktop chip with dual core design. This is the chip that was used in the first generation Mac Book and Mac Book Pros. (http://terrychay.com)

adalah generasi ke-8 dari jajaran processor dari Intel yang sudah memakai microprocessor dengan arsitektur x86. Arsitektur tersebut oleh Intel dinamakan dengan Intel Core Microarchitecture, di mana arsitektur tersebut menggantikan arsitektur lama dari Intel yang disebut dengan NetBurst sejak tahun 2000 yang lalu. Penggunaan Core 2 ini juga menandai era processor Intel yang baru, di mana brand Intel Pentium yang sudah digunakan sejak tahun 1993 diganti menjadi Intel Core. (http://yoyok.wordpress.com)

Core Duo was the first line of dual core processors ( the D series such as 915D).
(http://id.answers.yahoo.com)

core duo = merk dagang intel
Pentium Core Duo = 2 bh core digabung dalam 1 prosesor.
komunikasi antar core langsung, ga lewat chipset
core duo = Intel Core generasi pertama yang punya dual(2) core
(http://kakus.us)

Core 2 Duo :

The end of “Pentium”. Identical to Core Duo’s but uses a 65nm process with higher theoretical speeds at less power. This is the chip used in the lastest Mac Book and Mac Book Pros. It’s about 15% better CPU performance than the Core Duo.
(http://terrychay.com)

Core processor dari Intel Core 2 Duo yang pertama diberi kode nama Conroe. Processor ini dibangun dengan menggunakan teknologi 65 nm dan ditujukan untuk penggunaan desktop menggantikan jajaran Pentium 4 dan Pentium D. Bahkan pihak Intel mengklaim bahwa Conroe mempunyai performa 40% lebih baik dibandingkan dengan Pentium D yang tentunya sudah menggunakan dual core juga. Core 2 Duo hanya membutuhkan daya yang lebih kecil 40% dibandingkan dengan Pentium D untuk menghasilkan performa (http://yoyok.wordpress.com)

yups jd skrg tau perbedaannya kan, heheh tutor ini jg memudahkan kita2 yg mau pada beli laptop, secara sekarang harga laptop murmer hehehe …

ngantuk dah ah tidur dulu…

Comments
  1. AdziE says:

    anti pertamax claw :)) :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s