satu langkah lebih dekat dengan LTE Network…

Posted: April 18, 2008 in at work.., Networking, Technology, Telco, Tutor

Hmm yup LTE (Long Term Evolution) ato mungkin kita lebih familiar dengan 4G Network (Fourth Generation Network)..

Apa sih LTE itu, dan bagaimana konsepnya. Pada dasarnya konsep jaringan yang menggunakan LTE akan menggunakan IP sebagai Carrier Signal kearah RNC, dan kemungkinan dengan konsep ini tidak akan menggunakan RXI sebagai aggregatornya, dan konsep ini akan di deploy pada RNC P6..

Untuk konfigurasi pada jaringan ini dibutuhkan Security Gateway, karena menggunakan media IP (Untrusted Network) maka dibutuhkan keamanan extra, supaya traffick yang lewat tidak bs di de-crypt oleh orang yg tidak berhak πŸ˜‰

Jika menggunakan IP maka akan menggunakan ethernet sebagai medianya dong ..?? dan media ethernet itu kan mudah di crack, trs solusi keamanannya gimana..??

Yup menggunakan ethernet sebagai medianya, maka dari itu kita menggunakan Security gateway pada end node, sebagai firewall..

Dan solusi keamanan yang digunakan menggunakan layer 2 & layer 3 dan akan menggunakan MPLS VPN sebagai metode tunelling tunellingnya πŸ˜€ πŸ˜€

btw nyambung ga nih gw jelasin begini :D..

konsep ini akan digunakan oleh salah satu Operator dalam jajaran Big Three mungkin Q2 tahun ini akan di deploy untuk semua Node B nya πŸ˜€ :D, dan dalam waktu dekat ini ada sekitar 145 Node B baru akan di deploy menggunakan teknologi RNC P6 ini πŸ˜‰

so guys, tinggal tunggu waktunya aja πŸ˜€ dan nanti kita yg akan menyimpulkan apakah teknologi ini efektif or not πŸ˜€ πŸ˜€

sholatjumatduluah ;)) ;))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s