5 cm (centimeter)….

Posted: June 29, 2008 in all bout feeling

Ada yang pernah bilang kalo idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh generasi muda

Kutipan diatas gw ambil dari novel yg berjudul 5cm (centimeter).. hmmm hehehe yups, aga aneh kan seorang Adzie membaca novel :D..

dan kutipan diatas akhirnya terbantahkan di dalam buku ini… (baca ya klo mau tau detailnya)

sebenernya ini bukan novel gw, tapi novelnya Tyas… yups Tyas (Who is She?, She is the queen of my heart now :D)..

ok langsung ke ulasan mengenai novel 5 cm ini..

Novel “5 cm” mengisahkan persahabatan 5 orang sahabat yg sudah bersahabat lebih dari 7 tahun, mereka terdiri dari Arial, Genta, Zafran, Riani, dan Ian…  mereka berlima mempunyai ciri khas masing2, mereka punya selera film yg bisa dibilang sama, dan sama2 punya selera musik yg sedikit sama (karena rata2 pada beda semua.. ada yg suka Frank SInatra,  ada yg Suka sama The Corrs, Blur, Smashin Pumpkins n dll) dan bisa dibilang hampir semua jenis aliran, kecuali lagu india.. yups krn menurut mereka semua persoalan didunia ini ada jalan keluarnya namun bukan dalam bentuk joget2 dan ga harus berjoget :))

Pada suatu ketika mereka berlima terjebak di ambang kejenuhan, dan sepakat untuk tidak saling kontek selama 3 bulan..

dan selama 3 bulan itu, diceritakanlah kehidupan mereka masing2.. ada yg sibuk berkutat menyelesaikan skripsi, dan akhirnya skripsi diselesaikan cm dalam waktu 2 bulan dan itu sudah termasuk penelitian dan ngolah data :D.. (kapan ya gw skripsi 😦 ) trs ada yg jadi EO, dan terbukti sukses… trs ada yg sibuk magang di salah satu stasiun televisi, dan ada yg sampe bikin orderan utk salah satu parpol :D, dan ada yg sibuk juga dengan urusan percintaan :D…. (apalah artinya sebuah cerita tanpa unsur cinta ;)) )

singkat kata akhirnya tibalah waktunya utk kelima sahabat tersebut untuk bertemu.. mereka bertemu tgl 14 agustus untuk melepas kerinduan, dan memutuskan untuk pergi ke puncak Mahameru untuk mengibarkan sang saka merah putih dipuncak mahameru. Dan dari perjalanan inilah banyak kisah2 yg dapat dijadikan pelajaran untuk kita semua :)….

–klomautaukelanjutannyabelindiriyanovelnya–

overall setelah membaca novel ini sepertinya jiwa muda gw bangkit lagi 😀 *emang selama ini kemane men, tidur ya* pokonya seru deh.. heheh thx yah udah minjemin buku ini 😀

Didalem buku ini banyak bertebaran lirik2 lagu, dan quote2 dari berbagai film, dan potongan2 filosfinya Socrates.. penulis sepertinya penggemar musik, film, dan buku2 filosofi 😀 :D..

dan ada banyak kata2 yg sempet gw catet.. heheh nih gw tulis disini sebagian 😉 ..

Tinta bagi seorang pelajar lebih suci nilainya daripada darah seorang martir… (Rasullulah SAW)

cogito ergo sum.. aku berpikir maka aku ada

evey man dies, not every man really lives .. Mel Gibson – Braveheart

love is like a sand in hand.. the more you keep it, the more you loose it…

dan yg paling gw suka ini nih

Orang yg paling bijaksana adalah orang yg mengetahui bahwa dirinya tidak tahu… (Socrates)

dan ada lagi dan ini merupakan pesan yg ingin ditampilan di novel tsb :

..biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang didepan kening kamu. Dan…. sehabis itu yang kamu perlu… cuma..

Cuma kaki yg akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas.

Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari biasanya…

Serta mulut yang akan selalu berdoa….

Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yg hanya punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang pemimpi saja, bukan orang biasa2 saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yg selalu percaya akan keajaiban mimpi, keajaiban cita2, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapa pun.. dan kamu enggak perlu bukti apakah mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.

Percaya pada…. 5 centimeter di depan kening kamu..

dan ada satu lagi yg membuat gw kagum sama penulis buku ini, yaitu pas plot cerita ketika selesai melakukan pendakian, dan mereka di Ranu Kumbolo.. ada kalimat2 yg membuat gw makin Cinta sama Tanah Air gw ini :).. yups semua yg ada di Indonesia.. ga ada di negara lain… dari mulai makanan, tradisi.. temen2 gw ada disini semuanya..Dari lahir gw disini memakai tanahnya, meminum airnya… tradisi halal bihalal yg cuma ada di indonesia, nasi uduk yg cm ada di indonesia, buka bareng sama temen2 SMA, temen2 kantor dan temen2 rumah… Duh klopun nnti insyaAllah gw overseas gw pasti akan sangat2 merindukan hal2 itu 😀 :D….

Terima Kasih ya Allah, telah memberikan kesempatan ini pada hambamu untuk tinggal di indonesia, dan menerima semua karuniamu disini…

5 cm – Donny Dhirgantoro

@home june 29 2008 – 6:55 AM

Comments
  1. Black_Claw says:

    Jahhhh basbang! tapi PERTAMAX!!!

    btw kod… memang bagus, tapi ada yang lebih top bgt lagi.
    Cobak donglot anime yang judulnya BYOUSOKU 5CM.

    DIJAMEN DAH SWEAR.

  2. AdziE says:

    haha trs ngeliat adegan homoan lo ya :D… ga ah

  3. adhIT says:

    Bro… Link Rapid-nya DOnk….wakakakakak 😀 :)>-

    Jangan cuma ulasannya yg lo kasih…”We Need More Action…!!!”

    Soft Copy nya y bRO…:D

    .: piss,love ‘n ….. :.

  4. AdziE says:

    @Adhit
    dodol, gw aja minjem, dasar otak pembajak 😀 :D.. beli nape… :p

  5. adhIT says:

    ga punya duit paaak…

    udah dua hari ga makan enak…:-\” :)) =))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s